PT. MADANI SENTRA MULTIJASA
Jl. Cikini Raya No.70 Menteng 10330 JAKARTA PUSAT
+62 838 0460 7070 / +62 877 8822 2067
+6221 316 1606 / info@ohlinsindonesia.com

OhlinsRacingIndonesia OhlinsRacing_ID OhlinsRacing_ID

SenaAutoPart.com - OhlinsIndonesia.com - Distributor Resmi Suspensi Ohlins

Tak Biasa Dan Sosialisasi Mepet, Peserta Community Race IRS Gagal Pakai Layanan Proliner Dan Ohlins

Sentul (wartamotor) - Balapan kelas komunitas yang digelar di dalam event setingkat kejuaraan nasional IndoSpeed Race Series (IRS) 2017 di Sentul sebenarnya diharap jadi kelas andalan. Sayangnya, kekuatan komunitas dalam mengumpulkan massa mereka tidak terjadi di seri perdana Community Race di IRS. Padahal, IRS sudah berhasil mengundang produsen knalpot Proliner dan distributor sokbreker Ohlins untuk melayani para pembalap klub dan komunitas.

Dari penelisikan wartamotor.com, kepastian digelarnya Community Race di IRS memang mendadak. “Kita tau pastinya setelah jarak dua minggu dari event. Sementara di tanggal yang sama, kami sudah punya agenda,” sesal Dimas Febrianto, mantan ketua umum klub Kawasaki Ninja Mono Owner (NIMO), yang sering membawa konco-konconya ikut balap komunitas di Sentul.

Hal ini bisa dipahami. Memang IndoSpeed Indonesia agak terlambat mengumumkan kepastian diadakannya kelas ini. Karena menunggu regulasi yang paling pas dengan komunitas. “Kita maunya mereka juga bisa mengikuti regulasi kejurnas. Tapi, kita akan pelajari. Regulasi yang ada di seri ini mungkin akan berubah di seru kedua nanti,” bilang Stevi Gunardi, ketua penyenggara IRS 2017 dari IndoSpeed Indonesia (II).

Mepetnya waktu pengumuman dibukanya Community Race di IRS sudah mengurangi calon peserta yang akan ikut. Ditambah lagi, rata-rata pembalap yang biasa turun di kelas komunitas belum terbiasa dengan regulasi di IRS. Semisal, nilai pendaftaran yang lebih mahal dari event yang biasa mereka ikuti. Lalu, keharusan memakai bensin yang disediakan panitia. Terakhir, kewajiban menggunakan Kartu Izin Start yang dikeluarkan oleh PP IMI.

Menurut H. Uwok Sutris, soal biaya pendaftaran Community IRS sebenarnya nggak terlalu masalah. H. Uwox menurunkan putranya, Alvian Hadiputra di kelas Community Race 250 dan FDR Sport 250. Dan, Alvian yang menggeber Yamaha R25, akhirnya juara kelas FDR Sport 250 serta runner-up di Community Race 250.

Soal harus beli bensin dari panitia, H. Uwok mengaku ini jadi menambah beban peserta. Meskipun, ia mengaku, buat yang pernah ikut balapan komunitas di Yamaha Sunday Race, tidak kaget. Karena di YSR juga mewajibkan ini.

Tapi, “Ketika calon peserta diharuskan bikin KIS nasional, mereka merasa makin terbebani. Bayangkan, mereka jadi harus keluarkan dana 2 juta untuk ikut satu kelas saja. Padahal sih, kalau itu disosialisasi dulu, dan baru dilakukan di seri depan, sudah ada 10an calon pembalap kelas komunitas mau datang dari Bandung jadi mundur lagi,” jelas H. Uwok.

Alhasil Community Race 250 dan kelas FDR Sport 250 minim peserta. Tercatat hanya 9 starter di kelas ini. Padahal, II sudah menggandeng Proliner dan Ohlins. Dua sponsor ini berniat untuk memberi layanan lebih pada peserta Community Race di IRS.

Proliner sediakan knalpot untuk motor sport 250cc, bagi peserta yang mau pakai. Itu bisa dipakia secara gratis untuk balapan. Dan, jika pemakai knalpot itu menang, Proliner akan tambahkan hadiah uang. Bahkan, untuk buktikan knalpot Proliner berkualitas balap, mereka membawa mobil dynotest untuk menguji langsung power motor balap komunitas setelah pakai knalpot Proliner.

“Sayang, niat baik Proliner belum sempat dinikmati pebalap komunitas. Padahal kami hadir sejak sabtu pagi dengan knalpot yang siap pasang. Juga mobil dynotes yang siap dipakai secara gratis untuk peserta balap,” kecewa Rio Tan, manajer Technical Servis PT. Enwan Multi Partindo (EMP), distributor knalpot Proliner yang 2 hari hadir di Sentul.

Kekecewaan juga sedikit terbersit di tim Ohlins. Meski mereka tau itu wajar mengingat sosialisasi yang mendadak. “Sebenarnya, ada atau tidak ada kelas komunitas, kami memang biasa hadir di kejurnas IRS. Kami ada untuk memberi layanan seting sokbreker buat pemakai Ohlis. Tapi, kehadiran kami untuk Community Race IRS juga ingin memberi product knowledge dan pengetahuan cara setting suspensi yang benar,” jelas Eddy Saputra, bos PT. Sena Autopart Indonesia, distributor Ohlins di Indonesia.

Untuk itu, Stevi Gunardi berjanji akan mengulas kembali apa yang sudah terjadi selama balap, sabtu-minggu (18-19/03) lalu. “Akan kami pertimbangkan semua agar kelas Community Race dan FDR 250 bisa lebih merakyat. Dan kami akan secepatnya memberi pengumuman soal ini,” pungkas Stevi.

Baiknya begitu, biar makin seru! (Afreireas Wijawan)

Sumber: http://www.wartamotor.com/artikel/8766/seri-i-indospeed-race-series-2017-sentul-tak-biasa-dan-sosialisasi-mepet-peserta-community-race-irs-gagal-pakai-layanan-proliner-dan-ohlins/